Disbudpar Maros
BERITA

Bupati Maros Hadiri Seminar Hasil Kajian Koleksi Museum Daerah Maros

VISIT MAROS — Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Maros menggelar seminar hasil kajian koleksi Museum Daerah Maros, Senin 9 November 2020.

Bupati Maros, HM Hatta Rahman hadir membuka kegiatan yang berlangsung di Gedung Baruga A Pemkab Maros ini.

Ia menyampaikan, bahwa penting untuk melestarikan seni budaya dan sejarah daerah untuk menjaga kekayaan budaya dan pembangunan karakter bangsa.

Kadisbudpar Maros, M Ferdiansyah menyampaikan bahwa kegiatan ini untuk mengetahui sejarah di balik benda koleksi museum.

“Sejak tahun 2019 tercatat 146 benda bersejarah yang telah dilestarikan dan ditunjukkan kepada masyarakat. namun sayangnya, informasi tentang koleksi museum yang didapatkan masih minim, sehingga keberadaan Museum Daerah Maros terus disosialisasikan,” jelasnya, Selasa (10/11/2020).

Seminar ini diikuti 45 peserta yang berasal dari unsur komunitas pelestari warisan budaya, para pengkaji benda budaya, sejarawan dan lainnya.

Sementara Kepala Bidang Kebudayaan Disbudpar Maros, Hj Andi Rosmiati mengatakan, seminar ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas sumber daya manusia dalam mengelola museum daerah dan apresiasi terhadap sejarah dan kebudayaan.

“Pada Oktober lalu kami telah melaksanakan seminar tata kurator dan kegiatan-kegiatan lainnya di Museum Daerah Maros dan mendatangkan anak-anak TK serta organisasi Forum Komunikasi Dara dan Daeng Maros serta beberapa unsur lainnya,” jelasnya.

Ia berharap agar masyarakat khususnya milenial Maros lebih peduli dan menambah pengetahuan tentang kebudayaan sebagai landasan identitas bangsa.

“Selain workshop seminar kajian museum, kami juga melaksanakan kegiatan belajar bersama di museum dan kegiatan museum daerah go to school,” tambahnya. (*)

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *